Nasional

Kartanu Sudah Jangkau 70.000 Nahdliyin di Batang

Kamis, 24 Mei 2012 | 10:16 WIB

Batang, NU Online
Program pembuatan Kartanu (kartu tanda anggota Nahdlatul Ulama) di wilayah PCNU Kabupaten Batang Jawa Tengah telah berhasil mendata sebanyak 74.608 warga Nahdliyin di 10 MWC dari 15 MWC.<>

Demikian disampaikan oleh Koordinator Pembuatan Kartanu Batang, Ahmad Zaenuri, yang juga merupakan Sekretaris PCNU  Batang kepada NU Online seusai meninjau pelaksanaan pemotretan Kartanu di wilayah PRNU Kauman, MWC NU Kecamatan Batang, baru-baru ini.

Program Kartanu ini telah dimulai sejak awal Mei 2012 yang lalu dan direncanakan selesai pada awal Juni 2012 nanti. Dalam pelaksanaannya, PCNU Batang menggandeng rekanan pihak ketiga yang telah berpengalaman menangani pembuatan Kartanu di daerah lain.

Menurut Ahmad Zaenuri, program Kartanu ini selain bertujuan untuk mendata potensi warga nahdliyin di Kabupaten Batang, juga diharapkan dapat memantik beberapa MWC yang selama ini pasif agar dapat aktif kembali. “Nampaknya, program ini cukup efektif untuk merangsang kembali keaktifan dari beberapa MWC,” ungkapnya.

Untuk memperoleh Kartanu, seorang nahdliyin harus terdaftar oleh PR (Pengurus Ranting) NU setempat. Hal ini untuk mengantisipasi adanya orang bukan NU yang memiliki Kartanu. Setelah itu, orang tersebut harus mengisi formulir yang telah disediakan. Selanjutnya, pemotretan dilakukan secara terjadwal menyesuaikan dengan aktivitas warga desa setempat. 

Proses pembuatan kartanu ini hanya membutuhkan waktu kurang-lebih 15 menit untuk setiap orang. Artinya, warga tidak perlu menunggu terlalu lama karena Kartanu dapat langsung jadi setelah pemotretan dilakukan.

Dalam pembuatan Kartanu ini, seorang warga Nahdliyin dimintai infaq sebesar Rp. 5.000,- yang sebagian besar dari dana tersebut dikembalikan untuk kas PR setempat. Diharapkan, dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan PR tersebut.



Redaktur     : Syaifullah Amin
Kontributor : M Arif Rahman Hakim 


Terkait