Nasional

NU Cirebon Usulkan Beberapa Kriteria Ahwa

Selasa, 9 Juni 2015 | 07:01 WIB

Cirebon, NU Online
Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Cirebon mengusulkan beberapa kriteria ahlul halli wal aqdi (Ahwa) antara lain beranggotakan kiai dan nyai NU yang pernah menjabat kepengurusan, berakhlaq karimah, berusia di atas 70 tahun, tidak berambisi untuk menjadi pemimpin puncak NU, merepresentasikan wilayah persebaran NU, melepaskan diri dari ikatan politik praktis dan kepemerintahan, serta berimbang antara laki-laki dan perempuan.<>

Wakil Ketua PCNU Kota Cirebon, Prof DR H Jamali Sahrodi MAg mengatakan, KBNU Cirebon yakin bahwa dengan pemilihan kepemimpinan ala AHWA, NU akan terhindar dari ke-madlaratan money politics, tidak adanya caci maki, olok-olok, atau dukung-mendukung antar-kandidat.

Menurutnya, ukhuwah nahdliyyah akan terjaga, ruang intervensi kekuasaan dan partai politik akan tertutup, martabat dan kewibawaan kiai dan nyai sebagai penjaga moral NU dan masyarakat akan dirasakan oleh semua pihak.

“Sehingga muktamar akan lebih fokus kepada program-program dan pengembangan NU, masyarakat, dan bangsa ke depan, tidak disibukkan dengan kompetisi antar-kandidat,” kata Prof Jamali. 

Usulan ini disampaikan oleh KBNU Cirebon pada konferensi pers bertajuk ‘NU Cirebon Siaga Terdepan Mengawal Ahlul Halli Wal Aqdi’ kepada sejumlah awak media di Kantor PCNU Kota Cirebon, Senin (8/6). (Ayub al Anshori/Fathoni)


Terkait