Warta

Lagi, Rp300 Juta Dana Kemanusiaan Cair Lewat NU

Jumat, 20 Januari 2006 | 08:41 WIB

Jakarta, NU Online
Islamic Help United Kingdom (IHUK) telah mencairkan dana sebesar Rp300 juta untuk korban bencana tsunami Aceh lewat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Dana sebesar itu diperuntukkan untuk beasiswa anak-anak korban tsunami yang kini ditampung di sejumlah pesantren NU di Nangroe Aceh Darussalam (NAD).
 
“Uang untuk beasiswa anak-anak korban tsunami kembali dicairkan oleh Islamic Help UK. Hari ini sudah dikirim ke rekening PBNU,” kata perwakilan IHUK untuk Indonesia, Muhammad Agus Mulyana ketika ditemui NU Online di kantor PBNU, Jl. Kramat Raya Jakarta, Kamis (19/1) lalu.
 
Menurutnya, IHUK tetap memegang komitmen dalam menjalin kerjasama dengan PBNU untuk membantu korban musibah tsunami di Aceh. Komitmen itu dibuktikan dengan terus mengalirnya dana dari LSM yang bermarkas di Inggris tersebut. ”Yang dicairkan saat ini senilai Rp300 juta. Dana sosial itu akan terus mengalir,” ungkapnya.

Sejak tsunami menghancurkan Aceh, IHUK adalah salah satu LSM luar negeri yang menyalurkan bantuan kemanusiaan lewat PBNU. Hingga saat ini, dana bantuan yang telah disalurkan oleh LSM tersebut telah mencapai Rp. 3 miliar lebih. Uang sebesar itu, selain untuk beasiswa pelajar Aceh, juga digunakan untuk membangun pondok pesantren yang rusak total akibat terjangan tsunami.

<>

”Uang yang disalurkan lewat PBNU ini sekitar Rp. 3 miliar. Pembangunan pondok pesantren yang rusak total akibat tsunami juga dari dana itu. Di antaranya untuk membangun pesantren Babus Saadah yang pembangunanya kini mencapai 70 persen,”  jelasnya.(rif)


Terkait