Warta

120 Anggota DPR Dukung Hak Interpelasi Soal Iran

Rabu, 28 Maret 2007 | 01:00 WIB

Jakarta, NU Online
Sebanyak 120 anggota DPR RI telah mendukung penggunaan hak interpelasi untuk mempertanyakan kebijakan pemerintah Indonesia yang mendukung resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB terhadap Iran.

"Rencananya besok (Rabu) akan diserahkan kepada pimpinan DPR," kata anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa DPR RI Effendy Choirie di Gedung DPR/MPR/DPD di Senayan Jakarta, Selasa (27/3).

<>

Dia menyatakan, jumlah dukungan sebanyak itu sudah memenuhi persyaratan bergulirnya hak interpelasi karena berdasarkan ketentuan tata tertib DPR, hak interpelasi bisa digulirkan hanya oleh 13 anggota dari berbagai fraksi.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

"Hak interpelasi soal resolusi untuk Iran ini termasuk yang terbanyak," katanya.

Komisi I DPR RI yang membidangi masalah luar negeri dan pertahanan telah menyatakan kecaman atas resolusi DK PBB yang menjatuhkan sanksi kepada Iran.

"Sikap pemerintah yang mendukung resolusi itu merupakan wujud pemerintah yang ketakutan terhadap AS," katanya.

Menurut Gus Choi, begitu panggilan akrabnya, sikap FKB yang mendukung hak interpelasi itu telah dilaporkan kepada Gus Dur. "Gus Dur telah menyatakan dukungan kepada anggota FKB untuk menggunakan hak politiknya, termasuk menggunakan hak interpelasi terkait dukungan pemerintah RI terhadap resolusi DK PBB untuk Iran," katanya. (ant/rif)

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait