Nasional

7159 Madrasah NU Ada di Jawa Timur

Selasa, 22 Januari 2013 | 05:17 WIB

Jakarta, NU Online
Dari sekitar 12.000 madrasah jenjang dasar dan menengah di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama, mayoritas berlokasi di Provinsi Jawa Timur. Ada 7159 madrasah aktif di tempat kelahiran NU ini.
<>
Data Pengurus Wilayah LP Maarif NU Jawa Timur (Jatim) tahun 2010 menyebutkan, jumlah tersebut merupakan jumlah total dari 4329 madrasah ibtidaiyah, 187 sekolah dasar, 1271 madrasah tsanawiyah, 429 sekolah menengah pertama, 626 madrasah aliyah, 231 sekolah menegah atas, dan 86 sekolah menengah kejuruan.

”Jadi kalau Ma’arif (LP Ma’arif NU, red) memiliki dua belas ribu madrasah, maka separuh lebih ada di Jawa Timur,” kata Wakil Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim Abdullah Sani, Selasa (22/1), pada Rakernas LP Ma’arif NU di Jakarta.

Tidak semua total lembaga itu didirikan PW LP Ma'arif NU. Sebagian didirikan secara struktural oleh pihak LP Ma'arif NU, dan sebagian lain didirikan secara kultural oleh warga NU tapi bersedia di bawah naungan atau berkoneksi dengan LP Ma'arif NU.

Dengan potensi tersebut, sambung Sani, LP Maarif NU Jatim terus berusaha mengembangkan, termasuk bekerjasama dengan pihak luar negeri. Secara manajerial, proses pengembangan dikelola oleh tiga pilar pelaksana, yakni evaluasi, penerbitan, dan pusdiklat. Ketiganya menjadi prinsip LP Ma’arif NU Jatim untuk memajukan madrasah NU selama ini.

Sisa jumlah madrasah NU tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Namun, dominasi persebaran masih ada di Pulau Jawa. Sementara di luar Jawa jumlahnya bisa kurang dari 50 madrasah. Seperti di Sulawesi Barat, madrasah yang resmi di bawah LP Ma’arif NU hanya berjumlah 47.

Redaktur : Hamzah Sahal
Penulis    : Mahbib Khoiron