Daerah

Beginilah Perkembangan Istilah Aswaja dari Zaman ke Zaman

Sabtu, 25 Maret 2017 | 08:26 WIB

Bawean, NU Online 
Ahlussunnah wal Jama’ah adalah Islam murni sebagaimana diajarkan Rasulullah kepada para sahabatnya. Demikian disampaikan Ustadz Faris Khoirul Anam, dalam bedah buku Khazanah Aswaja di Bawean di dua tempat, pertama  di masjid An-Nur Sangkapura pada Kamis malam (23/03/’17) dan bedah buku kedua bertempat di RA Muslimat NU di Desa Daun yang diikuti delegasi Fatayat se-Bawean pada Jumat, (24/03/’17). Bedah buku menghadirkan dua pembedah yang merupakan tim penulis buku, yaitu Ustadz Faris Khoirul Anam dan Ustadz Yusuf Suharto.

Bedah buku yang diikuti utusan lima MWCNU di lingkungan PCNU Bawean, juga para pengurus ranting itu dihadiri Ketua PCNU Bawean, Kiai Fauzi Rouf, Direktur Aswaja NU Center PCNU Bawean, Kiai Syamsuddin. Berbicara dalam kesempatan pertama, anggota Dewan Pakar Aswaja NU Center PWNU Jatim ini menyampaikan anatomi buku secara global dan kemudian menyampaikan fase perkembangan istilah Ahlussunnah wal Jama’ah.  

“Aswaja sebagai manhaj atau metodologi itu sudah ada sejak Nabi dan dipraktekkan oleh para sahabat. Namun secara ideologi dirumuskan kembali oleh terutama Syekh Abul Hasan Al-Asyari dan Abu Manshur al-Maturidy,”demikian dikatakan Direktur Aswaja NU Center Kota Malang ini. “Perumusan kembali  itu disebabkan adanya penyimpangan-penyimpanag dari ajaran Islam murni di zaman Nabi, misalnya Syiah, Muktazilah dan Khawarij. Pada dinamika berikutnya Aswaja menjadi landasan institusi atau dasar organisasi misalnya dilakukan oleh Nahdlatul Ulama, Nahdlatul Wathan, dan lainnya.”

Sementara itu Yusuf Suharto menyampaikan bahwa istilah Ahlussunnah wal Jama’ah sebagai Islam murni itu pernah diprediksikan oleh Rasulullah dalam hadits perpecahan umat Islam.

“Kalau mengacu pada yang disampaikan Imam Al-Ghazali dan Imam Syahrastany maka istilah Ahlussunnah wal Jamaah itu pernah dikenalkan Nabi dalam hadits perpecahan umat sebagaimana disampaikan kedua beliau dalam salah satu kitabnya.”

“Sebagai istilah, Ahlussunnah wal Jama’ah juga dipakai Imam Abul Hasan dalam kitab Maqalutl Islamiyyin Wakhtilaful Mushallin,” ujar Direktur Aswaja NU Center Jombang ini.

“Menurut Syekh Abdul Qadir Jilany sunnah itu adalah thariqahnya Rasulullah dan jamaah itu adalah apa yang disepakati para sahabat di era Khulafaur Rasyidin. Dari sini kita bisa menyimpulkan, dengan bahwa Ahlussunnah wal Jamaah itu adalah golongan yang mengikuti sunnahnya Rasulullah dan sunnahnya para sahabat pada masa Khulafaur Rasyidin. Al-Jamaah juga diartikan sebagai golongana mayoritas. Dengan demikian aswaja juga mereka yang mengikuti pemahaman dan pengamalan jumhur umat Islam dalam pokok-pokok akidah.”

“Dalam kenyataannya, mayoritas umat Islam hingga kini dalam aqidah mengikuti rumusan Syekh Abul Hasan Al-Asy’ari, dan Syekh Abu Manshur al-Maturidy, dalam fikih mengikuti mazhab empat dan dalam tasawuf mengikuti Imam Junaed, Imam Ghazali atau Imam Abul Hasan as-Syadzily.”

Dalam sesi tanya jawab Ustadz Faris menjawab pertanyaan tentang bid’ah mengatakan,

“Bid’ah itu bukan hukum, tetapi merupakan perilaku, karena hukum itu cuma ada lima. NU yang mengakui keabsahan bid’ah hasanah adalah representasi pemahaman mayoritas ulama karena mayoritas empat madzhab mengakui keberadaan bid’ah hasanah.Red: Mukafi Niam


Terkait