Nasional

Kemenag Terus Tingkatkan SDM untuk Mutu Pelayanan Aplikasi E-RKAM

Kamis, 27 Juni 2024 | 13:15 WIB

Kemenag Terus Tingkatkan SDM untuk Mutu Pelayanan Aplikasi E-RKAM

Ilustrasi digitalisasi madrasah. (Foto: dok. Direktorat KSKK)

Jakarta, NU Online

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia terus menekankan pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan aplikasi E-RKAM guna meningkatkan mutu layanan di madrasah-madrasah di seluruh Indonesia.


Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kemenag RI, M Sidik Sisdiyanto mengidentifikasi bahwa salah satu tantangan utama dalam mengadopsi E-RKAM di berbagai madrasah adalah tingginya tingkat rotasi dan mutasi SDM. 


"Perubahan ini dapat mempengaruhi konsistensi dan keberlanjutan implementasi teknologi di madrasah, sebagaimana yang kita alami dalam Evaluasi Diri Madrasah (EDM)," ujarnya.


Untuk mengatasi tantangan tersebut, Sidik berkomitmen untuk meningkatkan dukungan teknis dan menyelenggarakan pelatihan berkelanjutan bagi pengguna aplikasi di tingkat lokal. Langkah ini diharapkan dapat memastikan adopsi yang konsisten dan efektif dari aplikasi E-RKAM di seluruh madrasah.


"Kemenag mengakui pentingnya strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan ini guna memastikan bahwa implementasi E-RKAM dapat berjalan lancar dan sukses," jelasnya.


Transformasi Digital Melalui Aplikasi E-RKAM

Kemenag terus menggalakkan penggunaan E-RKAM sebagai solusi terintegrasi untuk pengelolaan keuangan madrasah di seluruh Indonesia.

 

Dengan fitur-fitur otomatisasi dan integrasi dengan EMIS (Education Management Information System), E-RKAM tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam perencanaan dan penganggaran, tetapi juga memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).


E-RKAM memungkinkan pengelolaan data keuangan madrasah secara real-time, terhubung langsung ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat, termasuk lembaga audit. Hal ini memastikan bahwa setiap transaksi keuangan terdokumentasi dengan baik dan dapat dipantau secara akurat oleh pihak terkait, sesuai dengan regulasi yang berlaku.


Melalui platform digital yang terintegrasi ini, Kemenag tidak hanya memfasilitasi perencanaan dan penganggaran yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik di sektor pendidikan. Pengguna dapat mengakses berbagai fitur penting melalui website resmi E-RKAM di https://erkam.kemenag.go.id/, yang di dalamnya terdapat fitur-fitur seperti; dashboard, profil madrasah, pengaturan, referensi, rencana, realisasi, dan laporan tahunan.


Dengan langkah-langkah ini, Kemenag berharap dapat terus mendorong transformasi digital dalam pengelolaan madrasah menuju pelayanan yang lebih efisien, responsif, dan berkualitas bagi masyarakat pendidikan di Indonesia.